| Home |


Thursday, November 15, 2012

Pengertian Telematika

Kata telematika berasal dari kata dalam Perancis yaitu telematique. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan alin Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe.
Telematika adalah saran komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuannya menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaraan suara (telepon, musik), huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal itu tersebut terjadi juga jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).

sumber: http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/telematika-dalam-dunia-teknologi-informasi-dan-penerapannya-di-e-commerce-dan-lainnya/

Dari pengertian di atas maka pengertian telematika menurut saya adalah sarana komunikasi jarak jauh yang dapat mentransmisikan sejumlah besar informasi satu arah maupun timbal balik dengan sistem digital.

contoh alat yang menggunakan telematika yaitu GPS (Global Positioning System) dan CCTV. kita mungkin juga bisa menciptakan alat telematika yang belum pernah ada seperti misalnya perangko pengintai. alat ini dapat membantu menemukan surat yang hilang karena kelalaian petugas pengiriman yang menyampaikan surat ke alamat yang salah. bentuk alat ini sama seperti perangko pada umum nya, namun hanya bahan nya saja yang berbeda dari perangko yang telah ada. cara kerja alat ini yaitu pertama aktifkan perangko pengintai dengan menekan tombol yang ada pada perangko pengintai, sesuaikan waktu pengiriman kemudian jika surat berada di tempat/alamat yang tidak sesuai dengan yang tertulis pada amplop pada waktu yang telah di tentukan, maka sinyal pada perangko yang menempel akan mengirimkan message ke petugas berupa data alamat/nama tempat si surat berada. sehingga petugas dapat dengan mudah menemukan surat yang hilang atau salah alamat tersebut.

No comments:

Post a Comment